Minggu, 28 Juli 2013

Ikan Air Tawar, Ikan Air Payau, & Jenis Tanaman Pantai


Ikan Air Tawar, Ikan Air Payau, & Jenis Tanaman Pantai

Jenis Ikan Air Tawar
a.       Baung Mystur nemurus
b.      Haruan Chana strictus
c.       Jelawat leptobarbus hoeveni
d.      Kaloi Osphroremus gorami
e.       Kelah Tor tambroides
f.       Keli Clarias batracthus
g.      Ketutu Oxyeleotris marmoratus
h.      Patin Pangasius
i.        Tilapia Tilapia mossambica
j.        Sepat siam Trichogaster pectoralis
k.      Kelisa - Schropages formosis

Jenis Ikan Air Payau
Ada ikan yang ditambak dalam empang dimana empang ini berair payau, diantaranya:
a.       Bandeng Chanos chanos
Sebuah ikan yang merupakan makanan penting di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (kurang lebih tujuh spesies punah dalam lima genus tambahan dilaporkan pernah ada).
Mereka hidup di Samudra Hindia dan menyeberanginya sampai Samudra Pasifik, mereka cenderung bergerombol di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut untuk 2 - 3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau, daerah payau, dan kadangkala danau-danau. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.
Ikan muda ini dikumpulkan dari sungai-sungai (disebut nener [ IPA: nənər ]) dan diternakkan di tambak-tambak. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan sangat cepat. Setelah cukup besar bandeng biasanya dijual segar atau beku, serta dikukus atau diasap.

Klasifikasinya:
Kingdom         : Animalia
Phylum            : Chordata
Sub Phylum     : Vertebrata
Kelas               : Aptinopterygii
Ordo                : Gonorynchiformes
Familia            : Chanidae
Genus              : Chanos
Spesies            : Chanos chanos
Sumber            : Vertebrata, Maskoeri Y.
b.      Ikan Mujair
Ikan Mujair adalah sejenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi. Nama ilmiahnya adalah Oreochromis mossambicus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Mozambique tilapia, atau kadang-kadang secara tidak tepat disebut "Java tilapia". Ikan berukuran sedang, panjang total maksimum yang dapat dicapai ikan mujair adalah sekitar 40 cm. Bentuk badannya pipih dengan warna hitam, keabu-abuan, kecoklatan atau kuning.
Sirip punggungnya (dorsal) memiliki 15-17 duri (tajam) dan 10-13 jari-jari (duri berujung lunak); dan sirip dubur (anal) dengan 3 duri dan 9-12 jari-jari. Ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam (salinitas), sehingga dapat hidup di air payau. Jenis ikan ini memiliki kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat, tetapi setelah dewasa kecepatannya ini akan menurun.

Klasifikasi:
Kingdom         : Animalia
Phylum            : Chordata
Sub Phylum     : Vertebrata
Classis             :Actinopterygii
Ordo                : Perciformes
Familia            : Cichilidae
Genus              : Oreochromis
Species            : Oreochromis mossambicus
Sumber            : Vertebrata, Maskoeri Y.

Ada juga jenis-jenis ikan yang hidup di daerah hutan mangrove yaitu:
a.       Ikan penetap sejati seperti ikan Gelodok Periopthalamus sp.
b.      Ikan penetap sementara seperti ikan belanak Mugilidae, ikan Kuweh Carangidae, dan ikan Kapasan, Lontong Gerreidae.
c.       Ikan pengunjung pada periode pasang seperti ikan Kekemek, ikan Gelama, ikan Krot Scianidae, ikan Barakuda, ikan Alu-alu, ikan Tancak Sphyraenidae, dan ikan-ikan dari familia Exocietidae serta Carangidae.
d.      Ikan pengunjung musiman.

Jenis tanaman pantai yang berfungsi untuk memecah angin:
a.       Mangrove (Nypa, Acathus, Rhizophora, dan Cerbera)
b.      Kelapa
c.       Tumbuhan Baringtonia (Wedelia, Thespesia, Terminalia, Guettarda, dan Erythrina)
d.      Formasi pes-caprae seperti Ipomoea pes-caprae, Spinifex littorius (rumput angin), Vigna, Euphorbia atoto, Canaualia martina, dan lebih ke darat lagi ada Crinum asiaticum (bakung), Pandanus tectorius (pandan), dan Scaeuola freuescens (babakoan).

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Mujair

3 komentar:

  1. adaptasi morfologi pada tumbuhan di air payau?

    BalasHapus
  2. Salah satunya memiliki akar nafas (pneumatofor), akar tunjang, bentuk buahnya (memudahkan menancap di area berlumpur), dll

    BalasHapus
  3. ,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri ,anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No 0852-5777-6881. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH , akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI KUSUMO DI 0852-5777-6881. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    BalasHapus